Cara Membuat Oralit Untuk Kucing


Selasa, 08 Oktober 2019

Cara Membuat Oralit Untuk Kucing

Halo onty ongkel kali ini admin ingin sedikit membahas mengenai bagaimana cara membuat oralit untuk kucing sendiri di rumah. Oralit sering di manfaatkan bagi penderita diare atau muntah-muntah, Larutan ini cukup penting fungsinya agar supaya penderita diare tidak kekurangan air dan juga mineral.

Cukup riskan jika kucing mengalami dehidrasi, Ya walaupun kucing tampak terlihat banyak minum namun hal tersebut bentuk dari pertahanan tubuh si kucing. Diare yang di alami kucing bukan hanya karena infeksi saja, Adapun yang sering terjadi adalah karena perubahan menu makanan.

Lihat juga: Penyebab Kucing Mencret

Jadi coba perhatikan apa yang menyebabkan kucing sehingga terjadi diare, Apakah karena makanan atau memang adanya infeksi yang ada pada tubuhnya dan berikut ini adalah beberapa ciri tanda kucing terkena diare yang di sebabkan oleh infeksi.

Adalah karena ia terserang virus, jamur, bakteri atau pun parasit, Kotorannya berbentuk cair dan berlendir, dan tak jarang pula terdapat darah pada kotorannya. Tentu jika kucing menunjukan gejala seperti itu, Jangan di anggap sepele dan harus cepat di atasi.

Cara Membuat Oralit Untuk Kucing


Adapun mengenai cara membuat cairan oralit sendiri untuk kucing, Adalah sebagai berikut.

Silakan siapkan gelas, air putih matang (hangat), gula pasir, garam (usahakan garam yang bersih dan halus)

Jika sudah siap semuanya maka sekarang kita mulai buat oralit nya, Silakan tuangkan segelas air putih, kemudian masukan garam dan gula sebanyak setengah sendok teh saja, Selanjutnya aduk-aduk hingga merata.

Berikan kepada kucing secukupnya saja dan secara perlahan-lahan, Bisa menggunakan suntikan tanpa jarum atau pipet plastik.

Kucing sudah diberi minum oralit malah tambah mencret, Kenapa ya?

Ada juga loh kucing yang diberikan oralit bukan sembuh malah tambah parah, Apa sebabnya?

Penyebabnya bisa jadi karena terlalu banyak memberikan oralit kepada kucing, Sehingga lambungnya terisi dengan penuh.

Maka dari itu berikan ia secukupnya saja. Kalau admin sendiri memberikannya cukup 25-50 ML saja, tiga kali dalam sehari, pagi, siang dan sore hari.

Kalau dirasa kurang volume nya sahabat bisa menambahkan nya, tapi jangan sampai terlalu banyak.

Adapun penyebab lainnya adalah karena tidak sesuai nya bahan yang di gunakan untuk membuat oralit.

Membuat oralit sendiri harus memperhatikan komposisi beserta dengan volume nya agar supaya kucing bisa cocok.

Jika sahabat ragu membuatnya sendiri, Bisa kok membeli oralit khusus kucing di pet shop, Atau bisa juga mengganti oralit dengan air kelapa hijau yang ternyata fungsinya pun sama mengatasi dehidrasi pada kucing dan tentunya jauh lebih aman dan mudah.

Selengkapnya lihat disini: Mengobati kucing sakit dengan air kelapa hijau

Saran dari admin sih, Jika keadaan kucing sudah kritis, tidak mau makan, minum, lemas, kurus dan semakin sering buang air berserta dengan darah dan juga muntah-muntah terus.

Ada baiknya langsung bawa ke dokter hewan, Agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Jangan campur kan kucing yang sakit dengan kucing yang sehat, Pisahkan perawatan kucing yang sakit tersebut, Perhatikan kebersihan kandangnya.

Untuk kucing yang sehat juga tetap di perhatikan, Jangan sampai malas membersihkan kandang dan tempat makan dan minumnya.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, Kalau sudah sakit kita sendiri yang bingung dan tidak tega pula melihat kucing nya yang sekarat.

Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.