12 Penyebab Kucing Mencret Atau Diare Terus Menerus


Selasa, 08 Oktober 2019

12 Penyebab Kucing Mencret Atau Diare Terus Menerus

Apa saja penyebab kucing mencret atau diare secara terus menerus dan bagaimana cara mengobati nya? Untuk dapat mengatasi kucing yang sedang terganggu masalah pencernaan sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk kita lakukan sendiri.

Diare atau mencret sendiri adalah salah satu jenis penyakit yang bisa dikatakan cukup serius, Bukan hanya berlaku pada manusia saja, Hewan peliharaan seperti kucing pun tidak luput dari gangguan jenis penyakit tersebut.

Jika diare ini dialami oleh kucing biasanya tubuhnya akan menjadi lemas, sering muntah dan yang paling parah adalah sampai mengeluarkan darah.

Tentu jika sudah terjadi seperti itu, Kita sebagai pemiliknya harus cepat tanggap dan berusaha memberikan obat pada kucing yang sedang mengalami diare.

Namun sebelum sobat memberikan obat pada kucing, Maka ada baiknya sahabat mengetahui dulu mengenai apa saja yang menyebabkan kucing bisa mengalami mencret atau diare.

Penyebab Kucing Mencret Terus Menerus dan Cara Mengobati nya

Poin Penting
Adapun mengenai beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut, Sobat bisa menyimak nya dibawah ini.

1. Jenis Makanan Yang Salah


Hal utama yang membuat kucing diare biasanya adalah karena salah dalam memberikan jenis makanan dan minuman.

Bukan hanya itu saja, Terkadang kita juga suka memberikannya makanan dengan berbagai jenis baru yang belum tentu bisa diterima oleh pencernaan nya.

Jadi pencegahan nya adalah usahakan untuk memberikan ia makanan yang sudah matang.

Serta jangan terlalu sering memberikan ia makanan yang berbeda jenis, Cukup satu atau dua jenis saja yang penting cocok bagi kucing itu sendiri.

2. Produk Susu


Tidak semua kucing mampu mencerna susu, Misalnya seperti susu sapi, keju, dan yogurt.

Kucing biasanya tidak cukup mampu untuk bisa mencerna kandungan susu (Laktosa) dan akibat yang sering ditimbulkan adalah diare dan muntah-muntah.

3. Bumbu Dapur (Bawang-bawangan)


Kucing umumnya tidak cocok dengan makanan yang mengandung bumbu dapur (bawang-bawangan) Baik itu bawang merah, putih, bombay, daun bawang dan lain sebagainya.

Bawang umumnya mengandung senyawa kimia yang bisa saja merusak sel darah merah pada kucing.

Jika kucing mengkonsumsi bawang-bawangan apa lagi dalam jumlah yang banyak.

Maka kemungkinan besar akan membuat kucing tersebut mengalami anemia, muntah-muntah, urin berwana kemerahan, lemas, lesu dan diare itu sendiri.

Jadi se bisa mungkin sobat hindari untuk memberikan ia makan dengan campuran bahan bumbu dapur seperti bawang-bawangan dan lain sebagainya.

4. Kafein


Minuman atau makanan yang mengandung kafein dapat menyebabkan kucing, gemetar, muntah dan tentunya diare, Misal seperti kopi, energi drinks, teh dan lain sebagainya.

5. Meminum Air Kotor


Kucing umumnya akan meminum air di mana saja bahkan air yang kotor sekalipun.

Jadi yang perlu kita lakukan adalah dengan menyiapkan segala keperluannya dan termasuk air minum yang bersih, sudah matang dan tidak aneh-aneh, Cukup berikan air bening saja.

6. Sumsum Tulang


Jika kucing terlalu banyak memakan sumsum tulang, Biasanya ia akan mudah sekali diare dan bukan hanya masalah pencernaan saja.

Tulang juga bisa membuat kucing tersedak, ketulangan serta pecahan tulang bisa saja membuat mulut kucing terluka, Jadi berikan ia dagingnya saja dan tulangnya bisa disingkirkan.

7. Hewan Buruan


Pada dasarnya kucing memang sebagai hewan pemburu, Namun perlu diperhatikan juga oleh kita sebagai yang merawatnya, Jika kita membiarkan kucing untuk berburu, Maka bisa saja ia mengalami sakit.

Contoh sederhananya adalah jika hewan yang di buru nya telah diracuni oleh seseorang, Seperti tikus lalu kemudian kucing memakannya, Maka tentu racun tersebut akan berimbas juga pada kucing.

Jadi solusi terbaik nya adalah dengan mencukupi asupan makanan pada kucing, Agar ia tidak mencari makanannya sendiri diluar rumah.

8. Cuaca


Faktor cuaca atau iklim yang kurang bersahabat juga disinyalir dapat membuat kucing mudah sakit dan terkena diare.

Bukan hanya terhadap kucing saja, Manusia pun pasti akan demikian Jika cuaca sering sekali berubah dari dingin ke panas, Maka tentu penyakit akan mudah datang.

Maka perkuatlah sistem kekebalan atau sistem imun terhadap kucing peliharaan, Dengan cara memberikan ia makanan yang sehat dan vitamin yang cukup.

9. Stress


Kondisi kesehatan menurun yang diakibatkan karena beberapa faktor dan termasuk Stress. Kucing yang sedang stress akan mudah sekali mengalami sakit.

10. Bakteri, Jamur Atau Virus


Adanya bakteri, jamur dan virus biasanya karena kita lupa atau malas untuk membersihkan kandang, tubuh dan bulunya, Serta makanan dan minuman yang diberikan tidaklah higienis.

11. Terdapat Peradangan Pada Usus Kucing


Jika sudah terjadi peradangan pada usus, Ini bukan lagi penyakit diare yang ringan melainkan sudah parah alias akut.

Untuk mencegah peradangan usus pada kucing, maka berikan ia vaksin agar tidak mudah terserang virus.

12. Kucing Mengalami Gangguan Pada Ginjalnya


Tidak berbeda jauh dengan peradangan usus pada kucing, Kerusakan ginjal pada kucing pun akan membuat ia mudah terkena penyakit diare yang cukup parah dan bahkan akan mengeluarkan darah.

Kerusakan ginjal pada kucing umumnya disebabkan karena ia terlalu sering kekurangan cairan didalam tubuhnya, serta asupan gizi yang kurang.

Itulah beberapa penyebab secara umum kenapa kucing bisa mengalami mencret atau diare secara terus menerus dan dibawah ini adalah cara mengobati atau tepatnya memberikan pertolongan pertama pada kucing yang sedang mengalami diare.

Cara Mengobati Kucing Mencret Atau Diare


1. Silakan sobat berikan obat oralit khusus hewan (Kucing) yang bisa dibeli di pet shop terdekat.
2. Berikan ia obat cacing, Mungkin saja kucing diare akibat ia sedang terkena penyakit cacingan.
3. Coba berikan kucing tempe, Makanan ini sudah cukup dikenal sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kucing yang sedang diare.
4. Berikan ia vitamin B12 dan lain sebagainya.
5. Membuat kucing puasa makanan terlebih dahulu selama setengah hari, Namun air minum sesekali diberikan pada kucing, Supaya dia tidak mengalami dehidrasi.
6. Mengatasi kucing mencret dengan air kelapa hijau dan ini termasuk salah satu cara yang admin sering lakukan dan hasilnya lumayan ampuh.
7. Kalau sobat merasa bingung dan tidak tahu harus berbuat apa-apa untuk mengobati kucing diare, Maka solusi terbaik nya adalah dengan membawanya ke dokter khusus hewan.

Agar supaya kucing mendapatkan penanganan yang khusus. Ingat loh diare itu penyakit yang cukup serius serta cukup berbahaya dan bisa saja akan mengancam keselamatan dari kucing itu sendiri.

Dicukupkan sekian pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai apa saja penyebab kucing mencret (diare) secara terus menerus, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.