7 Cara Mengobati Kucing Mencret Atau Diare Secara Ampuh


Selasa, 08 Oktober 2019

7 Cara Mengobati Kucing Mencret Atau Diare Secara Ampuh

Bagaimana cara mengatasi kucing yang mencret atau diare secara terus menerus, Apa saja obat yang harus diberikan kepadanya?

Kucing termasuk hewan yang cukup mudah terkena diare atau mencret. Hal tersebut biasanya disebabkan karena jenis makanan dan minuman yang ia konsumsi itu salah dan akibatnya akan mengganggu sistem pencernaan nya.

Mencret atau diare pada kucing dibagi menjadi beberapa kategori, Ada yang ringan, sedang, serta parah dan yang cukup mengkhawatirkan ini biasanya kucing mencret dibarengi dengan muntah, lemas dan sampai berdarah.

Tentu jika sudah terjadi kritis seperti itu, sahabat jangan membiarkannya begitu saja dan harus ditangani dengan cepat.

Ciri-ciri kucing sedang mengalami diare sebenarnya tidak berbeda jauh dengan apa yang dialami oleh manusia pada umumnya, Biasanya kucing akan suka buang air dan poop nya berbentuk cair dan tidak padat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kucing mencret atau diare, Baik itu kategori ringan maupun berat.

Cara Menyembuhkan Kucing Mencret Terus Menerus

Poin Penting
Makanan dan Minuman Penyebab Diare Pada Kucing

1. Karena salah dalam memberikan jenis makanan dan minuman atau suka memberikan makanan jenis baru.
2. Produk susu.
3. Bumbu dapur.
4. Meminum air kotor.
5. Terlalu banyak memakan sumsum tulang.
6. Mengkonsumsi mangsa buruan nya, Seperti tikus, kadal dan lain sebagainya.
8. Faktor cuaca atau iklim yang kurang bersahabat.
9. Kondisi kesehatannya menurun karena ia sedang stress.
10. Tubuhnya sedang terserang bakteri, jamur atau virus.
11. Kucing mengalami gangguan pada ginjalnya.
12. Terdapat peradangan pada usus kucing.
13. Dan lain sebagainya.

Penjelasan Selengkapnya Disini: Penyebab Kucing Mencret Terus Menerus

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa kucing bisa mencret, Sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu mengenai bagaimana cara mengatasi gangguan pencernaan yang dialami oleh kucing.

Cara Mengobati Kucing Mencret Atau Diare


Adapun mengenai cara mengobati kucing mencret adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak nya dibawah ini.

1. Memberikan Oralit Khusus Hewan (Kucing)


Bukan hanya untuk manusia saja, Ternyata ada juga oralit khusus untuk kucing dan sobat bisa membelinya di Pet Shop.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua kucing yang cocok dengan oralit, Jadi sebelum memberikannya kepada kucing.

Pastikan sobat sudah paham mengenai bagaimana cara memberikannya serta dosis yang pas untuk dapat diberikan pada kucing. Sobat bisa tanya-tanya atau meminta saran ke dokter hewan.

Lihat juga: Cara Membuat Oralit Untuk Kucing

2. Obat Cacing


Penyebab diare pada kucing salah satunya adalah karena ia sedang terkena cacingan. Maka solusinya adalah dengan memberikan ia obat cacing khusus untuk kucing.

3. Vitamin


Bisa saja si kucing kekurangan vitamin B12 dan lain-lainnya, Maka dari itu coba sobat berikan ia dengan multivitamin, Agar tubuhnya menjadi lebih kuat dan sistem kekebalan atau sistem imun nya jauh lebih tangguh.

4. Tempe


Tempe juga dipercaya dapat mengobati kucing yang diare, Silakan jika ada tempe dirumah, Sobat bisa memasak, menggoreng atau merebus nya.

Kemudian berikan pada kucing, Jika kucing tidak mau memakannya sobat bisa mencampurkan tempe tersebut dengan sedikit makanan kesukaannya seperti daging atau bisa juga minyak ikan.

Jika belum berhasil dan kucing menolak untuk memakannya, Sobat bisa sedikit memaksanya dengan cara menggunakan suntikan tanpa jarum, Namun pastikan bahwa tempe tersebut sudah lembut.

5. Puasa


Coba sahabat buat kucing peliharaan tersebut untuk puasa selama setengah hari, Jangan berikan ia makan dulu, Tapi air minum harus tetap diberikan agar ia tidak dehidrasi.

Biasanya tanpa kita paksa juga, Jika ada masalah pada tubuhnya seperti sedang sakit, demam atau diare.

Umumnya mereka akan suka menyendiri dan melakukan puasa sendiri dan seolah-olah sudah menjadi bawaan alami mereka.

6. Air Kelapa Hijau


Bukan hanya kucing saja, Admin pun jika sedang sakit perut atau ada masalah pada sistem pencernaan, Maka air kelapa muda hijau lah yang selalu menjadi andalan.

Nah, sobat bisa memberikan air kelapa hijau kepada kucing, Kalau yang admin lakukan adalah memanggang (Dibakar) terlebih dahulu kelapa mudanya.

Setelah itu baru diberikan kepada kucing dan cukup ampuh juga untuk mengatasi kucing diare. Tanpa direbus dulu juga boleh dan langsung berikan saja air kelapa mudanya.

Selengkapnya: Cara Mengobati Kucing Sakit Dengan Air Kelapa Hijau

7. Bawa Ke Dokter Hewan


Jika penyakit kucing sudah teramat parah, Maka jangan pikir-pikir panjang lagi, langsung bawa kucing kesayangan sobat tersebut ke dokter hewan terdekat.

Itulah beberapa cara mengobati kucing mencret, Namun yang telah dijelaskan diatas itu tepatnya hanya untuk pertolongan pertama saja.

Jika kucing sudah terlalu parah. Maka ada baiknya kita langsung membawanya ke dokter hewan.

Agar supaya nantinya ia mendapatkan penanganan yang khusus dan tepat serta penyakitnya bisa cepat sembuh karena di tangani oleh ahlinya.

Bagaimana Cara Mencegah Agar Kucing Tidak Mudah Mencret Atau Diare

1. Jangan Suka Memberikan Makanan Sisa

Makanan sisa disini adalah makanan yang sudah basi, Jangankan kucing manusia pun tidak akan berani memakan makanan basi, Karena akan membuat pencernaan nya terganggu.

2. Perhatikan Jenis Susu Yang Hendak Diberikan

Memberikan jenis susu juga harus diperhatikan, Usahakan berikan jenis susu khusus untuk kucing, Jangan memberikan ia susu sapi, Karena kucing umumnya akan merasa kesulitan untuk mencerna susu sapi pada tubuhnya.

3. Makanan dan Minuman Harus Bersih

Makanan dan minuman yang higienis, Tentu akan lebih menjaga kesehatan kucing. berbeda jika kita sering memberikan ia minum dengan air yang kotor atau belum masak, Kemungkinan besar kucing tersebut akan mudah terkena penyakit.

4. Kandang Harus Diperhatikan Kebersihan nya

Kandang pun harus kita perhatikan kebersihan nya, Karena kuman, bakteri dan lain sebagainya biasanya banyak terdapat dikandang kucing, Bersihkan juga wadah pakan atau minum, bak pasir beserta pasir nya harus rutin diganti.

5. Perhatikan Lingkungan Sekitar Agar Ia Tidak Mudah Stress

Lingkungan yang kotor dan terlalu bising serta kurang bersahabat, biasanya akan membuat kucing mudah stress dan hal tersebut tentu harus dihindari.

Itulah beberapa cara mengobati kucing mencret atau diare, Semoga pembahasan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua.